Home » , , , , , , » Saatnya Samsung Galaxy Tab Menantang iPad

Saatnya Samsung Galaxy Tab Menantang iPad

Written By Novita Anggraeni on Thursday, March 17, 2011 | 5:20 AM



Konon zaman ini adalah zamannya iPad. Apa iya? Tunggu dulu, iPad tidak berjalan sendirian. Banyak pesaing bermunculan seiring tumbuhnya pasar di mana iPad berkecimpung, yang diantaranya adalah Samsung Galaxy Tab ini. Hewan apakah Samsung Galaxy Tab itu? Samsung Galaxy Tab adalah sebuah tablet yang beroperating system Android 2.2 Froyo, layar sentuh berkapasitas 7 inchi, dan sudah dilengkapi dengan teknologi 3G dan sejumlah fitur yang berajalan di jaringan tersebut. Jaringannya berjalan pada frekwensi quad-band GSM/GPRS/EDGE dan Tri-band (900/1900/2100 Mhz) UMTS, berdimensi 19,1 x 120,5 11,98 mm dengan berat tak lebih dari 380 gram. Kapasitas memori internalnya 16 GB dengan tambahan slot memori eksternal berupa microSD hingga 32 GB. Ada WIFI dan 3G untuk konektivitasnya. Harganya ada di kisaran 7 jutaan, dan sebagainya.

Hanya itu? Becara garis besar memang hanya itu. Lantas apa kelebihan yang dapat ditonjolkan oleh Samsung Galaxy Tab ini bila di-compare dengan iPad yang kesohor itu? Beberapa hal yang bisa diunggulkan dari Galaxy Tab ini adalah soal ukuran. Menurut saya, iPad itu terlalu besar untuk ditenteng dengan satu tangan dan tangan lainnya untuk mengetik, meski memang soal lebih lebarnya layar pada iPad ini memberi kenyamanan pada sektor lain seperti saat browsing atau membaca e-book. Tapi, karena menurut saya dengan layar berukuran 7 inchi pun tak mengurangi kenyamanan untuk menikmati konten-konten seperti yang saya sebut di atas, maka buat saya itu bukan suatu kekurangan yang berarti. Dan hal kedua yang juga menjadi 'bumbu penyedap' dari Galaxy Tab di banding dengan iPad adalah pada sisi konektivitas. Kalau iPad generasi awal hanya dilengkapi dengan WIFI maka Galaxy sudah mengusung technology 3G dan sejumlah fitur yang berjalan di jaringan itu, yang termasuk juga untuk layanan video call. Tapi awas, saat melakukan video call atau sekedar bertelepon biasa sekalipun, jangan lupa pasang handsfree, karena suaranya yang kelewat kenceng membuat orang di sekitar Anda akan dipaksa untuk mendengarkan obrolan Anda meski mereka tak sedang bernafsu untuk menguping. Lagipula meski sekedar bertelepon biasa, kalau tanpa handsfree, disamping setengah mukamu akan tertutup body Galaxy, dari jauh Anda akan terlihat seperti sedang menempelkan genteng di pipi, heheheh...

Hal ketiga yang bisa Anda pertimbangkan adalah kamera. Ya, ini salah satu fitur yang tak dipunyai oleh iPad. iPad tidak mengusung kamera, baik di depan maupun di belakang. Sementara Galaxy Tab membawa kedua jenis kamera tersebut. Soal kemampuan memainkan konten multimedia pun Galaxy Tab tak kalah unggul dibanding dengan iPad kok. Ia memiliki kemampuan untuk memainkan berbagai jenis file video yang begitu beragam dalam resolusi HD seperti MPEG-4, H.264, WMV, DivX, Xvid dan sebagainya. Tertarik?
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Kotak Bumbu | Arsip Budaya Nusantara | Portal Cirebon
Copyright © 2013. Gadget dan Aplikasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger